Tausyiah Siswi

Assalamu'alaikum wr. wb.
Alhamdulillaah....Pada hari jum'at tanggal 7 September 2012 SMPN 2 Jumantono sudah melaksanakan Pembiasaan yang kali ini diisi dengan tausyiah oleh siswi2 kelas IX. 


Tausyiah pertama dengan judul "Perilaku terpuji : Qona'ah". Qona'ah adalah sikap rela menerima dan merasa cukup atas hasil yang diusahakannya serta menjauh dari rasa tidak puas. Qona'ah bukan berarti tidak mau berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Sebenarnya orang yang berjiwa qona'ah selalu giat bekerja dan berusaha sekuat tenaga jika hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan, ia tetap rela apa yang diperoleh dengan bersyukur kepada Allaah SWT. Sikap qona'ah ini memberikan rasa tentram dalam hidup dan jauh dari sifat serakah.

Tausyiah yang ke dua dengan judul "Takabur". 
Takabur menurut bahasa berarti sifat merasa diri besar. Sedangkan orangnya disebut mutakabir atau orang yang merasa dirinya besar, lebih tinggi, lebih pandai atau lebih segalanya dan memandang kecil serta rendah orang lain.
Dalam hal ini takabur dibagi menjadi dua : 
1. Takabur batin
    Takabur  batin yaitu : sifat dalam jiwa yang tidak terlihat dan melekat dalam hati, seperti sifat merasa besar dan merasa   lebih pandai.
2. Takabur lahir
    Takabur lahir yaitu perbuatan dan perilaku yang dapat dilihat seperti merendahkan dan menyepelekan  orang lain. Takabur lahir ini merupakan perwujudan sikap dari takabur batin.

Tausyiah ke tiga berjudul "Iman Kepada Qodo dan Qodar Allaah".
Qodo artinya menetapkan. Qodo Allaah artinya ketetapan Allaah kepada setiap makhluknya yang bersifat azali. Azali artinya ketetapan itu sudah ada sebelum keberadaan atau kelahiran makhluk.
Qodar artinya memutuskan suatu perkara. Qodar Allaah artinya keputusan Allaah pada seseorang berdasarkan ketetapan Allaah beserta ikhtiar dan do'anya. 

Di atas adalah sedikit kutipan isi dari tausyiah anak-anak.
Wassalamu'alaikum wr. wb.

Get Free Updates
Follow us on:
facebook twitter gplus pinterest rss
Social Network

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar yang sopan dan tidak SARA.
Terimakasih.